Songsong Dunia Kerja, Unmuh Jember Bekali Mahasiswanya Hard Skills dan Soft Skills

UMJ-News: Universitas Muhammadiyah Jember bertekad terus meningkatkan kualitas lulusannya. Hal ini untuk menjawab tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif , bahkan proses persaingan sudah berlangsung sejak masa perekrutan.

“Saat ini untuk bisa meraih kesempatan kerja di perusahaan yang mapan, tentu tidak mudah, butuh kesiapan hard skills dan soft skills yang mumpuni dan siap kerja,” tutur Tofan Mahdi, SE., mantan Wakil Pemimpin Redaksi Jawa Pos, yang juga alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.

Hadir sebagai pembicara pada acara “Pelatihan Menuju Dunia Kerja Dasar” yang diselenggarakan Bidang Kemahasiswaan Unmuh Jember, melalui kegiatan Soft Skills Center (SSC) dengan instrumen Pusat Pengembangan Karir dan Tracer Study (PPKTS), Tofan Mahdi banyak memberi motivasi dan berbagi pengalaman selama meniti karir di sejumlah lembaga.

Setelah tidak lagi bekerja di media, kini mantan jurnalis ini meniti karier sebagai Public Relations (PR) Astra Group. Menurutnya, program pelatihan yang diselenggarakan Unmuh Jember ini sangat tepat untuk menjawab tantangan dunia kerja. Menurutnya, kemampuan intelektualitas yang diperoleh di bangku kuliah, tidaklah cukup untuk mampu menembus persaingan dunia kerja, yang memang mensyaratkan keahlian tertentu.

Menurut salah seorang instruktur SSC (Soft Skills Center), Ir Iskandar Umari, MP., ini, program pelatihan ini dibuat berjenjang dan kegiatan kali ini diikuti 49 orang perseta dari hampir seluruh Prodi di lingkungan Unmuh Jember. Mereka terdiri dari mahasiswa semester akhir serta sejumlah alumni Unmuh Jember.

“Dalam pelatihan ini, secara umum peserta tampak antusias mengikuti seluruh sesi yang dilatihkan. Wajar kalau setiap pelatihan diikuti dengan tingkat kedisiplinan yang cukup tinggi, sehingga hanya peserta yang memenuhi kualifikasi saja yang bisa lulus dan memperoleh sertifikat siap kerja,” ujarnya.

Etiam rhoncus rhoncus commodo. Aenean at ante a lectus molestie vehicula. Ut id luctus sem. Sed eu tortor tempor, volutpat est ut, scelerisque ante. Nullam id neque quis felis pellentesque pharetra ac eu felis. Vivamus vitae nisi nec lacus ullamcorper dignissim. Nulla in nibh eu est posuere cursus sed vel mi. Vestibulum nec tristique felis.

Suspendisse potenti. Nunc mattis est in tincidunt semper. Cras condimentum fermentum iaculis. Praesent at congue ligula. Vestibulum dignissim in ipsum id rutrum. Donec ac diam nisl. Cras lobortis, est in ullamcorper dapibus, turpis lacus venenatis metus, quis hendrerit nulla sem a metus. Donec et venenatis sapien, eget tempor quam.

0 comments:

Post a Comment